Senin, 05 Oktober 2015

TUGAS


JENIS-JENIS  DAN PENDEKATAN PENELITIAN


Pada hari selasa tanggal 28 september 2015, di ruangan PPG 1 Gedung Laboratorium FMIPA UNY berlangsung kuliah Metodologi Penelitian Pendidikan pertemuan keempat dengan dosen pangampu ibu. Dr. Heri Retnowati, M.Pd. Pada pertemuan ini membahas jenis-jenis penelitian. Sebagai tugas adalah mengidentifikasi metode dan pendekatan apa untuk setiap masalah yang diangkat sebagai judul penelitaian.
1.
Pengembangan Media Pembelajaran berorentasi pada  Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika
Jenis Penelitian
Pendekatan Penelitian
Research and development (R & D) atau penelitian dan pengembangan.”

Jenis penelitian ini digunakan untuk mengembangkan produk-produk dalam pendidikan dan pengajaran. Hal ini sesuai dengan permasalah yang saya angkat adalah pengembangan media pembelajaran
“Kuantitatif”


Pendekatan yang digunakan kuantitatif sebab permasalahan ditentukan sejak awal dan pada instrumen penelitian berupa nilai tes.
2
Hubungan Perhatian orang tua,Motivasi belajar, dan Kondisi  sosial  siswa terhadap prestasi belajar siswa
Korelasi (ex post facto)”

Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto, karena dalam penelitian ini tidak dibuat perlakuan/manipulasi terhadap variabelvariabelnya, tetapi hanya mengungkap fakta berdasarkan gejala yang telah ada pada diri responden
“Kuantitatif”

Pendekatan yang digunakan kuantitatif sebab permasalahan ditentukan sejak awal dan pada instrumen penelitian berupa kuisioner, wawancara terstruktur
3
Pengaruh Sertifikasi (PLPG) Guru terhadap Kinerja Guru.
Ex post-facto”

Penelitian yang bertujuan menemukan penyebab yang memungkinkan perubahan perilaku, gejala atau fenomena yang disebabkan oleh suatu peristiwa, perilaku atau hal-hal yang menyebabkan perubahan pada variable bebas yang secara keseluruhan sudah terjadi. Secara metodis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang juga menguji hipotesis tetapi tidak memberikan perlakuan. Hal ini sesuai dengan permasalahan yang saya angkat mengenai pengaruh sertifikasi guru dimana ini tidak diperlukan perlakuan.
“Kuantitatif”

Pendekatan yang digunakan kuantitatif sebab permasalahan ditentukan sejak awal dan pada instrumen penelitian berupa kuisioner


0 komentar:

Posting Komentar