JENIS-JENIS DAN
PENDEKATAN PENELITIAN
Pada hari selasa
tanggal 28 september 2015, di ruangan PPG 1 Gedung Laboratorium FMIPA UNY
berlangsung kuliah Metodologi Penelitian
Pendidikan pertemuan keempat dengan dosen pangampu ibu. Dr. Heri Retnowati, M.Pd.
Pada pertemuan ini membahas jenis-jenis penelitian. Sebagai tugas adalah
mengidentifikasi metode dan pendekatan apa untuk setiap masalah yang diangkat
sebagai judul penelitaian.
1.
|
Pengembangan Media Pembelajaran berorentasi
pada Kemampuan Pemahaman Konsep
Matematika
|
|
Jenis Penelitian
|
Pendekatan
Penelitian
|
|
“Research and development (R & D) atau
penelitian dan pengembangan.”
Jenis
penelitian ini digunakan untuk mengembangkan produk-produk dalam pendidikan
dan pengajaran. Hal ini sesuai dengan permasalah yang saya angkat adalah
pengembangan media pembelajaran
|
“Kuantitatif”
Pendekatan
yang digunakan kuantitatif sebab permasalahan ditentukan sejak awal dan pada instrumen
penelitian berupa nilai tes.
|
|
2
|
Hubungan
Perhatian orang tua,Motivasi belajar, dan Kondisi sosial siswa terhadap prestasi belajar siswa
|
|
“ Korelasi (ex post facto)”
Penelitian
ini merupakan penelitian ex-post facto, karena dalam penelitian ini tidak
dibuat perlakuan/manipulasi terhadap variabelvariabelnya, tetapi hanya
mengungkap fakta berdasarkan gejala yang telah ada pada diri responden
|
“Kuantitatif”
Pendekatan
yang digunakan kuantitatif sebab permasalahan ditentukan sejak awal dan pada instrumen
penelitian berupa kuisioner, wawancara terstruktur
|
|
3
|
Pengaruh
Sertifikasi (PLPG) Guru terhadap Kinerja Guru.
|
|
“ Ex post-facto”
Penelitian
yang bertujuan menemukan penyebab yang memungkinkan perubahan perilaku,
gejala atau fenomena yang disebabkan oleh suatu peristiwa, perilaku atau
hal-hal yang menyebabkan perubahan pada variable bebas yang secara keseluruhan
sudah terjadi. Secara metodis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang
juga menguji hipotesis tetapi tidak memberikan perlakuan. Hal ini sesuai
dengan permasalahan yang saya angkat mengenai pengaruh sertifikasi guru
dimana ini tidak diperlukan perlakuan.
|
“Kuantitatif”
Pendekatan
yang digunakan kuantitatif sebab permasalahan ditentukan sejak awal dan pada instrumen
penelitian berupa kuisioner
|
0 komentar:
Posting Komentar