Sabtu, 24 Oktober 2015

INSTRUMEN PENELITIAN

INSTRUMEN PENELITIAN


Pada hari selasa tanggal 20 Oktober 2015, di ruangan PPG 1 Gedung Laboratorium FMIPA UNY berlangsung kuliah Metodologi Penelitian Pendidikan pertemuan keenam dengan dosen pangampu ibu. Dr. Heri Retnawati, M.Pd. Pada pertemuan ini Hipotesis Penelitian dan Instrumen penelitian.

Tititk tolak dalam penyusunan instrumen adalah variabel-variabel penelitian yang ditetapkan untuk diteliti. Dari variabel-variabel tersebut diberikan defenis operasional dan selanjunya ditentukan indikator yang diukur. Dari indikator ini kemudian dijabarkan menjadi butir-butir pertanyaan atau pernyataan. Untuk mempermudahkan penyusunan instrumen, maka perlu digunakan kisi-kisi instrumen.
Bentuk-Bentuk Instrumen Penelitian.
·           Instrumen Tes
1)        Pilihan ganda
2)        Menjodohkan
3)        Isian singkat
4)        Benar atau salah
5)        Uraian terstruktur (HOTS)
6)        Uraian tak terstruktur(HOTS)
·           Instrumen Non Tes
1)        Lembar Obsevasi
2)        Pedoman wawancara
3)        Angket
-        Tertutup
-        Terbuka
4)        Daftar cek
5)        Fokus Grup Diskusi


 Contoh Bentuk Instrumen Penelitian
·           Instrumen Tes
No
Kompetensi Dasar
Indikator
Sub Indikator
Soal
Skor
Pedoman Penskoran
1
1. Mengidentifikasi sifat-sifat persegi panjang, persegi/trapesium, jajargenjang, belah ketupat, dan layang – layang
2. Menghitung keliling dan luas bangun segitiga dan segiempat serta penggunaanya dalam pemecahan masalah 

Menyatakan ulang sebuah konsep
Menemukan kembali suatu konsep seblumnya diketahui
1.    Apa perbedaan antara segitiga dan segiempat?
0-5
1.      Segitiga adalah gabungan tiga ruas garis yang berpotongan dititik-titik ujungnya 1sedangkan segiempat adalah gabungan empat ruas garis yang berpotongan dititik-titik ujunngnya.2

Marking scheme:
Ada 2 poin, masing-masing kata kunci bernilai 2,5 poin

·           Instrumen Non Tes (angket)

No
Aspek
Indikator
Sub IndikatorBentuk
Butir Pertanyaan
Respon
SS
S
KK
JR
TP
1
Ketekunan
Kehadiran siswa
Siswa selalu hadir tepat waktu
a.       Saya selalu datang 15 menit sebelum bel apel pagi. (+)





b.      Saya memasuki kelas untuk belajar setelah guru ada dalam kelas.  (-)






0 komentar:

Posting Komentar