MEMBUKTIKAN VALIDITAS & MENGESTIMASI RELIABILITAS INSTRUMEN
No
|
Masalah
|
Jenis
Instrumen
|
Validitas
|
|
1
|
Pengembangan
Media Pembelajaran Berorentasi Pada
Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika.
|
Tes
|
a.
Validasi Isi
Validitas
isi ditentukan menggunakan kesepakatan ahli (Judgment Expert). Untuk mengetahui kesepakatan ini, dapat
digunakan indeks validitas, diantaranya dengan indeks yang diusulkan oleh
Aiken, dengan rumus sebagai berikut:
b. Validitas Konstruk
Proses pembuktiannya dapat dilakukan
dengan membuktikan bahwa konstruk instrumen memang ada (exists) dan
kemudian dibuktikan hasil pengukurannya secara empiris. Analisis yang
digunakan yaitu analisis faktor
eksploratori (exploratory factor analysis, EFA)
|
Menggunakan
Rumus Kuder-Richardson 21 atau Rumus Alpa Crombach. Rumusnya adalah sebagai berikut:
a.
Richardson 21
b.
Alpa Crombach
|
Angket Validasi
|
Menggunakan Validitas
isi ditentukan menggunakan kesepakatan ahli (Judgment Expert). Untuk mengetahui kesepakatan ini, dapat
digunakan indeks validitas, diantaranya dengan indeks yang diusulkan oleh
Aiken, dengan rumus sebagai berikut:
|
Alpa Crombach
|
||
2
|
Hubungan Perhatian Orang Tua,Motivasi
Belajar, Dan Kecemasan Siswa Terhadap
Prestasi Belajar Siswa
|
Angket
|
Menggunakan
validitas konstruk Proses pembuktiannya dapat dilakukan dengan membuktikan
bahwa konstruk instrumen memang ada (exists) dan kemudian dibuktikan
hasil pengukurannya secara empiris. Analisis yang digunakan yaitu analisis faktor eksploratori (exploratory
factor analysis, EFA)
|
Alpa Crombach
|
3
|
Pengaruh
Sertifikasi (PLPG) Guru Terhadap Kinerja Guru
|
Angket
|
Menggunakan
validitas konstruk Proses pembuktiannya dapat dilakukan dengan membuktikan
bahwa konstruk instrumen memang ada (exists) dan kemudian dibuktikan
hasil pengukurannya secara empiris. Analisis yang digunakan yaitu analisis faktor eksploratori (exploratory
factor analysis, EFA)
|
Alpa Crombach
|
Contoh
Lembar Validasi Oleh Ahli (Judgment Expert)
No
|
Aspek Penilaian
|
Poin validitas
|
||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
1
|
Isi
|
|
|
|
|
|
||
|
-
|
|
|
|
|
|
||
|
-
|
|
|
|
|
|
||
2
|
Bahasa
|
|
|
|
|
|
||
|
-
|
|
|
|
|
|
||
|
-
|
|
|
|
|
|
||
Penilaian Secara Umum
|
LD
|
LDR
|
TLD
|
|||||
|
|
|
||||||
Keterangan:
LD = Jika
Layak Digunakan
LDR = Jika
layak digunakan dengan revisi
TLD = Jika
tidak layak digunakan.
Contoh
Format hasil tabulasi
No Butir
|
Ahli 1
|
Ahli 2
|
Ahli 3
|
1
|
|
|
|
2
|
|
|
|
3
|
|
|
|
.
|
|
|
|
.
|
|
|
|
.
|
|
|
|
n
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
Kenapa untuk tes ada validitas isi dan konstruk sedangkan angket hanya validitas isi saja?
BalasHapus