Sabtu, 19 September 2015

PERTEMUAN PERTAMA – KEDUA

”IDENTIFIKASI PERMASALAHAN YANG TERJADI DALAM PROSES PEMBELAJARAN
KHUSUSNYA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI BERBAGAI ASPEK”
PERTEMUAN PERTAMA – KEDUA

Pada hari selasa tanggal 8 dan 15 september 2015, pukul 07.30-09.10, di gedung laboratorium FMIPA ruangan PPG 1 Universitas Negeri Yogyakarta, berlangsung  perkuliahan Metodologi Penelitian Pendidikan, dengan dosen pengampu ibu. Dr. Heri Retnowati, M.Pd. Pada pertemua ini mencoba untuk mengidentifikasi berbagai persoalan dalam pembelajaran matematika ditinjau dari berbagai aspek. Hasil identifikasi masalah yang diperoleh adalah sebagai berikut:

1.        GURU
Beberapa permasalahan yang dihadapi guru dalam proses pembelajaran adalah sebagai berikut:
a.         Sulit menumbuhkan minat dan motivasi siswa dalam belajar matematika.
b.         Sulit memanajemen waktu pembelajaran matematika.
c.         Pelatihan kompetensi guru yang dipandang kurang.
d.         Sulit dalam pemilihan metode mengajar yang tepat dengan materi ajar.
e.         Kuranngnya kemampuan guru dalam menyediakan media pembelajaran interktif, inovatif serta menarik.
f.          Perbaikan ekonomi pada guru.
g.         Pengelolaan kelas yang belum maksimal.
h.         Motivas guru dalam mengajar harus ditanamkan.
i.           Lupa dalam melaksanakan refleksi kegiatan pembelajaran
j.         Porsi jam pelajaran yang kurang sehingga kurang maksimal
2.        SISWA
Beberapa permasalahan yang dihadapi siswa dalam proses pembelajaran adalah sebagai berikut:
a.         Kurangnya motivasi dan minat siswa dalam belajar matematika
b.         Kurangnya pemahaman dan penguasaan materi-materi prasyarat matematika.
c.         Fasilitas belajar matematika yang masih kurang.
d.         Metode mengajara matematika yang monoton, tidak inovatif serta kurang kreatif.
e.         Jadwal belajar matematika  yang terlalu padat
f.          Kemampuan siswa yang variatif. (orangtua, lingkingungan)
g.         Materi matematika yang sifatnya abstrak
h.         Kondisi tubuh
i.           Kecemasan dalam belajar siswa
j.           Kondisi tubuh mempengaruhi konsentrasi siswa
k.         Pemahaman buku yang kurang serata materi yang tidak kontekstual
3.        KEPALA SEKOLAH
Beberapa permasalahan yang dihadapi kepala sekolah dalam proses pembelajaran  adalah sebagai berikut:
a.         Penyediaan fasilitas belajar mengajar matematika.
b.         Kemampuan memanajemen sekolah agar lebih efektif dan efisien
c.         Kurangnya monitoring dari kepala sekolah
d.         Status ekonomi dan status sosial.
e.         Rekrutmen kepalah sekolah yang tidak sesuai standar (Beberapa Daerah)
f.          Kurangya pelatihan
g.         Sulit menciptakan aplikasi dari mata pelajaran khususnya matematika dalam ruang lingkup sekolah dengan pelayanan-pelayanan yang disediakan.
h.         Kurangnya kemampuan bersosialisasi (sekolah yayasan)
i.           Pengelolaan dana kurang optimal

4.        DINAS PENDIDIKAN
Beberapa permasalahan yang dihadapi dinas pendidikan dalam pembelajaran disekolah adalah sebagai berikut:
a.         Penyelenggaraan pelatihan  peningkatan kompetensi guru.
b.         Penyediaan dan peningkatkan infrastruktur pendidikan.
c.         Kesulitan dalam Monitoring dan pengawasan sekolah-sekolah.
d.         Pelayanan administrasi yang kurang memadai, misal kenaikan pangkat
e.         Penyaluran dana prndidikan yang tidak proporsional.
5.        ORANG TUA
Beberapa permasalahan yang dihadapi orang tua dalam pembelajaran matematika adalah sebagai berikut:
a.         Menumbuhkan sikap keterbukaan siswa khususnya dalam hal pembelajaran matematika.
b.         Kurangnya kompetensi yang dimiliki  orang tua dibidang matematika.
c.         Menyediakan fasilitas belajar bagi peserta didik.
d.         Kepekaan orang tua terhadap proses belajar anak.
e.         Kurang pengalamannya orang tua dalam memberikan pelayanan yang baik bagi anak, seperti mengarahkan bimbel dsb
f.          Tingkat kesadaran pendidikan orang tua yang masih kurang.
6.        LINGKUNGAN
Beberapa permasalahan yang ditunjau dari faktor lingkungan pembelajaran adalah sebagai berikut:
a.         Kurangnya sarana dan prasarana pembelajaran
b.         Suasana akademik yang mendukung proses belajar mengajar
7.        MATEMATIKA
Beberapa permasalahan yang ditunjau dari faktor lingkungan pembelajaran adalah sebagai berikut:
a.         Materi matematika yang tidak kontekstual
b.         Materi pra syarat matematika untuk menopang pembelajaran selanjutnya
c.         Matematika yang sifatnya kostruktif sehingga perlu pemahaman lebih
d.         Proses pembelajaran yang terkesan hafalan
8.        PEMBELAJARAN DIKELAS
Beberapa permasalahan yang ditunjau dari faktor lingkungan pembelajaran adalah sebagai berikut:
a.       Pemberian Apresepsi yang mampu membangkitkan minat dan motivasi siswa
b.      Pembelajaran yang tidak didukung fasilitas belajar yang mendukung..
c.       Perangkat pembelajaran yang kurang memadai.

Dari berbagai identifikasi permasalahan itu maka dapat diperoleh beberapa permasalahan yang dapat dijadikan sebagai rumusan masalah, rumusan masalah tersebut dalah sebagai berikut:
1.      Bagaimana meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa untuk meningkatkan prestasi belajaranya?
2.      Metode pembelajaran apa yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa?
3.      Bagaimana meningkatkan motivasi belajaran siswa dengan metode pemahaman konsep?
4.      Hubungan kepekaan orang tua terhadap prestasi belajar anaknya?
5.      Bagaimana peran kepala sekolah, dinas pendidikan untuk meningkatkan prestasi balajar siswa?
6.      Dsb.

“Sekian”
IMALUDIN AGUS

0 komentar:

Posting Komentar