”IDENTIFIKASI PERMASALAHAN YANG
TERJADI DALAM PROSES PEMBELAJARAN
KHUSUSNYA PEMBELAJARAN MATEMATIKA
DITINJAU DARI BERBAGAI ASPEK”
PERTEMUAN PERTAMA – KEDUA
Pada
hari selasa tanggal 8 dan 15 september 2015, pukul 07.30-09.10, di gedung
laboratorium FMIPA ruangan PPG 1 Universitas Negeri Yogyakarta,
berlangsung perkuliahan Metodologi Penelitian Pendidikan, dengan
dosen pengampu ibu. Dr. Heri Retnowati, M.Pd. Pada pertemua ini mencoba untuk
mengidentifikasi berbagai persoalan dalam pembelajaran matematika ditinjau dari
berbagai aspek. Hasil identifikasi masalah yang diperoleh adalah sebagai
berikut:
1.
GURU
Beberapa
permasalahan yang dihadapi guru dalam proses pembelajaran adalah sebagai
berikut:
a.
Sulit
menumbuhkan minat dan motivasi siswa dalam belajar matematika.
b.
Sulit
memanajemen waktu pembelajaran matematika.
c.
Pelatihan
kompetensi guru yang dipandang kurang.
d.
Sulit
dalam pemilihan metode mengajar yang tepat dengan materi ajar.
e.
Kuranngnya
kemampuan guru dalam menyediakan media pembelajaran interktif, inovatif serta
menarik.
f.
Perbaikan
ekonomi pada guru.
g.
Pengelolaan
kelas yang belum maksimal.
h.
Motivas guru dalam mengajar harus ditanamkan.
i.
Lupa
dalam melaksanakan refleksi kegiatan pembelajaran
j.
Porsi
jam pelajaran yang kurang sehingga kurang maksimal
2.
SISWA
Beberapa
permasalahan yang dihadapi siswa dalam proses pembelajaran adalah sebagai
berikut:
a.
Kurangnya
motivasi dan minat siswa dalam belajar matematika
b.
Kurangnya
pemahaman dan penguasaan materi-materi prasyarat matematika.
c.
Fasilitas
belajar matematika yang masih kurang.
d.
Metode
mengajara matematika yang monoton, tidak inovatif serta kurang kreatif.
e.
Jadwal
belajar matematika yang terlalu padat
f.
Kemampuan
siswa yang variatif. (orangtua, lingkingungan)
g.
Materi
matematika yang sifatnya abstrak
h.
Kondisi
tubuh
i.
Kecemasan
dalam belajar siswa
j.
Kondisi
tubuh mempengaruhi konsentrasi siswa
k.
Pemahaman
buku yang kurang serata materi yang tidak kontekstual
3.
KEPALA SEKOLAH
Beberapa permasalahan yang
dihadapi kepala sekolah dalam proses pembelajaran adalah sebagai berikut:
a.
Penyediaan
fasilitas belajar mengajar matematika.
b.
Kemampuan
memanajemen sekolah agar lebih efektif dan efisien
c.
Kurangnya
monitoring dari kepala sekolah
d.
Status
ekonomi dan status sosial.
e.
Rekrutmen
kepalah sekolah yang tidak sesuai standar (Beberapa Daerah)
f.
Kurangya
pelatihan
g.
Sulit
menciptakan aplikasi dari mata pelajaran khususnya matematika dalam ruang
lingkup sekolah dengan pelayanan-pelayanan yang disediakan.
h.
Kurangnya
kemampuan bersosialisasi (sekolah yayasan)
i.
Pengelolaan
dana kurang optimal
4.
DINAS PENDIDIKAN
Beberapa permasalahan yang
dihadapi dinas pendidikan dalam pembelajaran disekolah adalah sebagai berikut:
a.
Penyelenggaraan
pelatihan peningkatan kompetensi guru.
b.
Penyediaan
dan peningkatkan infrastruktur pendidikan.
c.
Kesulitan
dalam Monitoring dan pengawasan sekolah-sekolah.
d.
Pelayanan
administrasi yang kurang memadai, misal kenaikan pangkat
e.
Penyaluran
dana prndidikan yang tidak proporsional.
5.
ORANG TUA
Beberapa
permasalahan yang dihadapi orang tua dalam pembelajaran matematika adalah
sebagai berikut:
a.
Menumbuhkan
sikap keterbukaan siswa khususnya dalam hal pembelajaran matematika.
b.
Kurangnya
kompetensi yang dimiliki orang tua
dibidang matematika.
c.
Menyediakan
fasilitas belajar bagi peserta didik.
d.
Kepekaan
orang tua terhadap proses belajar anak.
e.
Kurang
pengalamannya orang tua dalam memberikan pelayanan yang baik bagi anak, seperti
mengarahkan bimbel dsb
f.
Tingkat
kesadaran pendidikan orang tua yang masih kurang.
6.
LINGKUNGAN
Beberapa permasalahan yang
ditunjau dari faktor lingkungan pembelajaran adalah sebagai berikut:
a.
Kurangnya
sarana dan prasarana pembelajaran
b.
Suasana
akademik yang mendukung proses belajar mengajar
7.
MATEMATIKA
Beberapa permasalahan yang
ditunjau dari faktor lingkungan pembelajaran adalah sebagai berikut:
a.
Materi
matematika yang tidak kontekstual
b.
Materi
pra syarat matematika untuk menopang pembelajaran selanjutnya
c.
Matematika
yang sifatnya kostruktif sehingga perlu pemahaman lebih
d.
Proses
pembelajaran yang terkesan hafalan
8.
PEMBELAJARAN DIKELAS
Beberapa permasalahan yang
ditunjau dari faktor lingkungan pembelajaran adalah sebagai berikut:
a.
Pemberian
Apresepsi yang mampu membangkitkan minat dan motivasi siswa
b.
Pembelajaran
yang tidak didukung fasilitas belajar yang mendukung..
c.
Perangkat
pembelajaran yang kurang memadai.
Dari berbagai identifikasi permasalahan
itu maka dapat diperoleh beberapa permasalahan yang dapat dijadikan sebagai
rumusan masalah, rumusan masalah tersebut dalah sebagai berikut:
1.
Bagaimana
meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa untuk meningkatkan prestasi
belajaranya?
2.
Metode
pembelajaran apa yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa?
3.
Bagaimana
meningkatkan motivasi belajaran siswa dengan metode pemahaman konsep?
4.
Hubungan
kepekaan orang tua terhadap prestasi belajar anaknya?
5.
Bagaimana
peran kepala sekolah, dinas pendidikan untuk meningkatkan prestasi balajar siswa?
6.
Dsb.
“Sekian”
IMALUDIN
AGUS
0 komentar:
Posting Komentar